Synology menawarkan tentang perangkat Network Attached Storage (NAS) yang sangat ramah pengguna, untuk menjalankan NAS hingga kita dapat melanjutkan ke semua fitur dan semua itu difasilitasi oleh NAS kita dapat menggunakan nya.

 

Apa itu NAS Synology? 

Synology adalah sebuah perusahaan, didirikan pada tahun 2000, mengkhususkan diri pada perangkat Network Attached Storage (NAS). Sederhananya, adalah komputer yang dioptimalkan untuk penyimpanan data, seringkali dengan fungsionalitas tambahan yang berlapis di atasnya. Synology memiliki dua produk utama, DiskStation dan RackStation, masing – masing produk di bedakan dalam penggunaan nya DiskStation ditujukan untuk pengguna rumahan dan kantor kecil dan RackStation ditujukan untuk lingkungan komersial yang lebih besar. 


Baca Juga: Cara membagikan file “Share File Links” Synology NAS

Pengaturan Fisik: Isi, Pasang, Boot

NAS Synology dilengkapi dengan kabel power, Ethernet port, sekrup pemasangan drive, dan, jika kita memiliki type yang lebih canggih, dilengkapi dengan beberapa ruang drive, dan port kabel Ethernet kedua. Sebelum kita melihat unit sebenarnya dan cara mengisinya, mari kita bahas tentang pemilihan disk.

Untuk NAS yang optimal, sebaiknya kita menggunakan hard disk baru, dalam ukuran yang cukup besar serta gunakan hard disk yang dirancang khusus untuk penggunaan NAS.

 

Ikuti Langkah- langkah di bawah ini untuk memulai configurasi NAS Synology:

 

Baca Juga: Cara membuat “new user” Synology NAS

 

Langkah 1: Tekan tombol power untuk menyalakannya, hubungkan pada komputer mana pun yang ada di jaringan lokal (koneksi Ethernet atau Wi-Fi). 

 

Langkah 2: Buka browser web dan klik http://find.synology.com, ini akan memunculkan Model NAS, IP dan Status ready. Klik “Connect” untuk memulai proses konfigurasi NAS Synology. (lihat gambar)

Langkah 3: Selanjutnya penamaan server NAS dan pembuatan akun administrasi. Klik Next untuk melanjutkan.

Langkah 4: Keemudian kita dapat membuat akun Synology Quick Connect ID. Setelah menyiapkan Quick Connect, kita akan diminta untuk menginstal beberapa paket aplikasi default dari Synology.

 

Setelah semua langkah – langkah di atas selesai, konfigurasi wizard akan ditutup dan selesai. Silahkan login dengan user admin yang kita register pertama kali nya. 

Baca Juga: Synology NAS – cara membuat “shared folder” 

 

Itulah Cara Mengatur dan Memulai NAS Synology. Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi teman teman dan sampai jumpa lagi pada artikel tutorial selanjutnya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.